Ac Hidup Tapi Tidak Dingin

Kami Apollo Electronic Jasa Service Ac Jakarta Selatan 021-7698454
Kali ini ingin berbagi pengalaman dari kami mengenai pendingin ruangan atau yang di sebut AC /AIR CONDITIONER.
Mungkin teman teman atau siapapun pernah mengalami suatu kejadian atau masalah yang berhubungan dengan penyejuk ruangan atau AC di ruangan Anda tiba tiba tidak dingin,,padahal AC dalam keadaan hidup atau menyala.Naah..teman teman semua ,ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenapa Ac Hidup Tapi Tidak Dingin

inverter

 

 

 

 

Beberapa faktor itu antara lain :

1 .Salah Pengaturan Remot
Pertama tama kita cek dulu,,apakah sudah benar pengaturan remot ac kita.bagi yang belom paham soal pengaturan remot ,coba sedikit kami ulas menegenai pengaturan remot yang benar .Di remot ac ada beberapa tombol pengaturan  yang berguna untuk menyetel ac. Disini akan saya ulas bagian bagian tombol ac yang pada dasarnya yang paling pokok saja antara lain sebagai berikut :

 

  • Transmitter
    Transmitter adalah bagian dari remot ac yang berfungsi untuk mengirimkan perintah kepada receiver yang berada pada indoor unit ac, posisi transmitter wajib lurus dengan receiver agar perintah yang dikirim dapat diterima dengan baik.
  • Display
    Display adalah layar kecil yang terdapat pada remot yang berfungsi untuk menunjukkan pengaturan yang sedang dijalankan oleh ac.
  • Tombol On/Off
    Tombol on/off adalah tombol yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan ac.
  • Tombol Mode
    Tombol mode berfungsi untuk mengatur mode yang akan dijalankan oleh ac, tombol ini sangat penting sebab menentukan kinerja ac. Fungsi-fungsi mode seperti berikut ini:

Cool Mode adalah mode yang berfungsi untuk mengatur ac agar mendinginkan ruangan.
Dry Mode adalah mode yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan udara pada ruangan.
Fan Mode adalah mode yang berfungsi untuk menjalankan fan indoor tanpa menyalakan outdoor unit.
Auto Mode adalah mode yang berfungsi untuk mengatur ac bekerja secara otomatis, fan akan berubah kecepatan secara otomatis

  • Tombol Temperatur
    Tombol temperatur berfungsi untuk mengatur suhu ruang yang dinginkan sesuai kebutuhan.
  • Tombol Air Swing
    Tombol air swing berfungsi untuk mengatur arah swing agar udara dapat terarah pada bagian yang diinginkan.
  • Tombol Timer
    Tombol timer berfungsi untuk mengatur ac agar hidup dan mati secara otomatis sesuai waktu yang diinginkan.

Naah,,salah satu contoh apabila salah pengaturan di tombol MODE ,apabila pengaturan di tombol MODE pada bagian Fan Mode itu berarti Ac bisa nyala tapi tidak mau ngirim arus listrik ke bagian mesin AC atau Blower Ac atau unit Outdoor Ac .Jadi kesimpulan Ac tidak mau dingin,karena yang nyala hanya bagian Indoor saja atau hanya keluar angin saja.

  2. THERMISTOR AC RUSAK ATAU LEMAH
Thermistor sendiri berfungis sebagai pengukur temperatur suhu pada ruangan, dengan begitu thermistor ini dapat mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan settingan temperatur suhu pada remote control AC.Apabila Thermistor ini rusak atau sudah lemah maka Indoor AC tetap bisa hidup atau nyala,,tetapi tidak mau mengirim arus listrik ke unit outdoor sesuai perintah dari remot control yang sudah di atur sesuai suhu yang di inginkan,,dalam artian Thermistor sudah sensitif kena dingin udara ,padahal ruangan belom mencapai suhu yang di inginkan..dengan begitu arus listrik yang ke unit Outdoor jadi tidak stabil.maka pendingan AC tidak jadi maksimal atau unit outdoor sering mati hidup sendiri dalam waktu yang cepat.

3.  ARUS LITRIK TIDAK SAMPAI OUTDOOR
Ac hidup tapi tidak dingin bisa juga di sebabkan oleh kabel pengiriman arus listrik dari Indoor ke Outdoor .Contohnya pemasangan kabel di terminal kurang kenceng,,akibatnya arus listrik dari Indoor ga sampai ke Outdoor. Banyak sambungan di kabel pengiriman ,akibatnya banyak arus yang ke buang atau tidak mencapai 220 volt.arus yang kurang voltase pastinya Outdoor tidak mau hidup karena watts untuk unit Outdoor sangat tinggi,jadi emang instalasi kabel di usahakan benar benar kuat dan jangan ada sambungan,biar kinerja Ac bisa maksimal dan sesuai yang kita inginkan.

4. UNIT OUTDOOR RUSAK
Dibagian unit Outdoor sendiri banyak komponen yang berpengaruh pada kinerja Ac itu sendiri .Beberapa komponen di unit Outdoor antara lain:

isi freon

Kompresor.
Kompresor sendiri adalah mesin yang berfungsi untuk menghisap uap Refrigeran atau Freon dari Evapurator kemudian menekan atau mengkompres ,dengan demikian suhu dan tekanan uap menjadi tinggi.

Tugas Kompresor adalah mempertahankan perbedaan tekanan dalam sistem,KOMPRESOR atau mesin hisap berfungsi untuk mengalirkan Refrigeran atau Freon ke seluruh sistem pendingin.Sistem kerjanya adalah dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi ke tekanan rendah.

Semakin tinggi temperatur yang di pompakan maka semakin besar tenaga yang di keluarkan oleh Kompresor.
Jadi ,,apabila Kompresor tidak bekerja dengan benar atau sudah ada bagian yang lemah atau bahkan kompresor sudah mati maka Ac juga tidak bisa dingin.

Kapasitor
Kapasitor adalah suatu alat yang bisa menyimpan energi di dalam medan listrik,dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.

Satuan dari Kapasitor adalah Farad

Jadi fungsi kapasitor sendiri pada AC yaitu untuk starting atau penggerak pertama pada motor single phase.Jadi singkat saja,,apabila Kapasitor pada kompresor  sudah lemah,maka Kompresor tidak mau start .Jadi Kapasitor pada kompresor berfungsi sebagai starting awal bergeraknya Kompresor.Dan kalau Kompresor tidak hidup otomatis Ac juga tidak dingin.

Motor Fan Outdoor

Motor fan outdoor sangatlah penting sekali fungsinya ,karena apa .Karena kalo motor fan sampai tidak nyala atau  tidak muter ,maka yang terjadi Kompresor mengalami yang namanya over heating,akibatnya overload kompresor akan mutus aliaran listrik ke kompresor,karena OVERLOAD sendiri berfungsi sebagai penahan atau fuse bagi kompresor apabila kompresor mengalami over heating.

Selain pentingnya beberapa komponen dari dari AC tersebut yang saling berkaitan satu dengan yang lain,yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu rutin dalam perawatan tentunya..Kami sarankan dalam perawatan service cuci rutin kisaran waktu yang bagus antara 3 sampai 4 bulan sekali.Dan selalu pengecekan gas Refrigeran atau Freon apakah kurang apa tidak.Selain itu pengecekan tekanan Freon di lakukan supaya tau,,apakah ada kebocoran apa tidak.Apabila kurang Freon terlalu drastis,,maka dapat di simpulkan bahwa inslasi ac ada kebocoran.

Dan itulah sedikit pengetauhan yang kami Apollo Electronic Service Ac Jakarta Selatan sampaikan,,,apabila temen temen punya pengalaman sendiri bisa di tambahkan di kolom komentar di bawah ini yaa…semoga bermanfaat .

Tolong  bantu Share yaa…

No Comments, Be The First!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.